Layanan KSPN DAMRI Hubungkan Rute Bandara YIA – Imogiri, Yog...
Jakarta, 6 Oktober 2023 – Sebagai wujud komitmen DAMRI kepada pelanggan dan dalam mendukung kebangkitan pariwisata di Indonesia, DAMRI hadir memberikan layanan yang menghubungkan Bandara YIA menuju Imogiri.
Bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, DAMRI melayani rute tersebut melalui segmen Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Yogyakarta. Plt. Corporate Secretary DAMRI Chrystian R.M Pohan mengatakan bahwa layanan DAMRI dengan rute Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) menuju Imogiri, Bantul, Yogyakarta ini dilayani dengan dua unit armada bus berjenis HiAce yang akan dioperasikan untuk mendukung pengembangan mobilitas di kedua kawasan tersebut.
Adapun rute dari YIA menuju Imogiri dan sebaliknya tersusun dalam dua jadwal keberangkatan di bawah ini:
1. YIA – Terminal Palbapang – Imogiri
Keberangkatan dari YIA bus tersedia pukul 08.00, 10.00, 15.00, dan 16.00 WIB
Dari Terminal Palbapang tersedia pukul 09.30, 11.30, 16.30, dan 17.30 WIB
Sedangkan dari Imogiri tersedia pukul 10.00, 12.00, 17.00, dan 18.00 WIB
2. Imogiri – Terminal Palbapang – YIA
Keberangkatan dari Imogiri bus tersedia pukul 04.00, 06.00, 11.00, dan 13.00 WIB
Dari Terminal Palbapang tersedia pukul 04.30, 06.30, 11.30, dan 13.30 WIB
Sedangkan dari YIA bus tersedia pukul 06.00, 08.00, 13.00, dan 15.00 WIB
Tarif yang dikenakan untuk layanan KSPN tersebut adalah sebesar Rp20.000 dan dapat dipesan melalui loket keberangkatan dengan pembayaran menggunakan Non Tunai (QRIS).
Imogiri adalah sebuah wilayah di kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang di dalamnya terdapat banyak tempat wisata hingga pemakaman raja-raja yang dibangun oleh Sultan Agung. Sedangkan Bandara YIA merupakan sebuah bandara yang terletak 45 kilometer dari DIY. Sejak 2022, jumlah penumpang Bandara YIA terus mengalami peningkatan hingga 2 juta penumpang.
Hadirnya layanan KSPN tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengembangan usaha DAMRI untuk memperkuat dan memperluas jaringan transportasi darat, membangun konektivitas antar moda dan membangun konektivitas pariwisata sekaligus mendukung peningkatan kawasan pariwisata di Yogyakarta.
“Demi membangun pertumbuhan pariwisata dalam negeri, DAMRI terus berkontribusi memberikan alternatif bagi para wisatawan domestik hingga mancanegara yang ingin berkunjung ke destinasi wisata menggunakan moda transportasi darat DAMRI,” tambah Pohan.
Selain itu, sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), DAMRI juga menyediakan buku digital untuk mengurangi penggunaan kertas dengan optimalisasi QR code yang akan terhubung dengan informasi layanan DAMRI hingga tempat wisata yang dapat dikunjungi menggunakan DAMRI.
Pelanggan dapat mengakses buku digital yang disediakan DAMRI secara praktis dan efisien, dengan mengunjungi website wisata.damri.co.id/yogyakarta atau scan QR code di armada bus KSPN Yogyakarta.
Pohan berharap, konsistensi DAMRI dalam melakukan transformasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi ini dapat mempermudah akses wisatawan berkunjung ke tempat wisata dan bisa berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan di daerah ini.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan pelanggan Cabang Yogyakarta di nomor WhatsApp 0811-2831-540, melalui call center DAMRI 1500-825, atau dengan mengunjungi media sosial DAMRI pada akun Instagram, Twitter, Facebook di @Damriindonesia.