Tiga Bulan Merger, DAMRI Telah Layani Ratusan Ribu Penumpang...
Jakarta, 27 September 2023 Meski baru berumur belia, tiga bulan pasca-penggabungan DAMRI
sudah menunjukkan pencapaian positif dalam memperluas jangkauan pelayanan di wilayah
Jabodetabek. Pencapaian tercermin dari jumlah penumpang Jabodetabek Residence Connexion (JR
Connexion) yang dilayani DAMRI hingga lebih dari 400.000 ribu penumpang.
Plt. Corporate Secretary DAMRI Chrystian R. M. Pohan mengatakan bahwa pencapaian ini tidak
terlepas dari upaya pembenahan yang dilakukan Perusahaan secara bertahap. Selama masa transisi
pasca-penggabungan, DAMRI berupaya menjadi lebih kompetitif, bisa bersaing, menghasilkan profit,
dan melayani pelanggan lebih baik.
Dalam melayani mobilisasi masyarakat di wilayah Jabodetabek, DAMRI telah mencatat capaian
penumpang sebanyak 464.978 ribu orang terhitung dari Juni – Agustus 2023. Adapun, JR Connexion
yang terintegrasi dengan pusat perbelanjaan, seperti Cibinong City Mall, Mega City Bekasi, hingga
Summarecon Mall Serpong serta antarmoda seperti LRT City Bekasi mendukung kebutuhan
mobilisasi secara mudah dan cepat.
Manfaat penggabungan bisa langsung terlihat dalam kurun waktu tiga bulan sehingga berkontribusi
pada peningkatan layanan dan market share. “Penggabungan Perum PPD ke dalam Perum DAMRI
membawa implikasi positif pada peningkatan skala bisnis dan inovasi layanan. Kini DAMRI dapat
memperkuat layanan masyarakat dari permukiman menuju pusat perkantoran, perdagangan, hingga
industri wilayah Jakarta dengan pelayanan yang optimal,” katanya.
Adanya penggabungan pada Perusahaan yang memiliki skala usaha yang serupa membuat
Perusahaan tumbuh sehat dan leluasa dalam berinovasi. “Fokus utama inovasi DAMRI pascapenggabungan ditujukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan karena orientasi dari Perusahaan
yang bergerak di jasa transportasi adalah pelayanan dan keselamatan yang unggul,” lanjut Pohan.
Konektivitas point to point memberikan kemudahan masyarakat sehingga diharapkan masyarakat
dapat memilih transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi. Mobilisasi dengan JR Connexion
pun dapat menjadi solusi menghadapi tantangan untuk mengurangi kemacetan dan polusi di
Jabodetabek.
Untuk mendorong keinginan masyarakat menggunakan transportasi umum, DAMRI terus berupaya
membangun asset berkualitas dengan layanan rute yang terjangkau dan terintegrasi. Adapun,
DAMRI mengedepankan penerapan Excellent Service untuk mewujudkan pengalaman terbaik
pelanggan
“Dengan memperluas skala usaha, penggabungan ini membuka peluang kepada Perusahaan untuk memilih berbagai inovasi terbaik dalam bidang transportasi darat skala nasional bahkan regional,” tutupnya