
Rekor Penjualan DAMRI Meningkat 61 Persen saat Periode Angle...
Jakarta, 14 April 2025 - DAMRI mencatat pencapaian luar biasa dalam penjualan tiket Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) selama periode mudik dan balik Lebaran Tahun 2025 yang berlangsung dari 21 Maret-11 April 2025.
Pada penutupan posko Angkutan Lebaran Tahun 2025 di Senin (14/4), DAMRI telah melayani 216.847 pelanggan di seluruh wilayah operasional AKAP di Sabang hingga Merauke. Antusiasme pelanggan terlihat dari tingginya okupansi di berbagai stasiun besar, seperti Stasiun DAMRI Gambir, Stasiun DAMRI Tanjung Karang, Stasiun DAMRI Kemayoran, dan Stasiun DAMRI Malang.
Head of Corporate Communication DAMRI Atikah Abdullah menjelaskan bahwa penjualan tiket mencapai 216.847 atau meningkat sekitar 61 persen jika dibandingkan dengan periode normal sebesar 131.458. Berdasarkan data yang telah dihimpun mencerminkan tingginya antusiasme masyarakat dalam menggunakan layanan DAMRI.
Secara akumulasi, jumlah pelanggan AKAP tercatat naik apabila dibandingkan dengan Lebaran Tahun 2024. Jumlah tersebut naik dari akumulasi 2024, yaitu 174.902 atau terjadi kenaikan sebesar 24 persen. "Bila dibandingkan angka target proyeksi pelanggan di libur lebaran Tahun 2025, DAMRI mencatat kenaikan sebesar 10 persen," jelas Atikah.
Diasumsikan peningkatan signifikan terjadi disebabkan oleh pergeseran prefensi moda transportasi. "Penurunan jumlah pemudik secara nasional tidak serta merta berarti penurunan pada semua moda transportasi. Bisa jadi terjadi pergeseran preferensi dari moda transportasi lain ke bus DAMRI. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti harga tiket yang lebih kompetitif, ketersediaan rute yang lebih luas, atau peningkatan kualitas layanan DAMRI," lanjutnya.
Rute favorit pelanggan selama libur Lebaran di antaranya:
- Stasiun DAMRI Gambir - Stasiun DAMRI Tanjung Karang: 9.141 pelanggan
- Stasiun DAMRI Tanjung Karang - Stasiun DAMRI Gambir: 5.409 pelanggan
- Stasiun DAMRI Kemayoran - Terminal Bungur Asih: 3.997 pelanggan
- Stasiun DAMRI Malang - Stasiun DAMRI Kemayoran: 3.797 pelanggan
- Stasiun DAMRI Kemayoran - Stasiun DAMRI Purwokerto: 3.489 pelanggan
- Stasiun DAMRI Kemayoran - Terminal Wonosobo: 3.469 pelanggan
- Kantor Pemasaran DAMRI Sintang - Terminal Antar Negara Ambawang Pontianak: 3.366 pelanggan
- Stasiun DAMRI Gambir - Stasiun DAMRI Talang Padang: 2.940 pelanggan
- Stasiun DAMRI Kebon Kawung Bandung - Stasiun DAMRI Tanjung Karang: 2.805 pelanggan
- Stasiun DAMRI Kemayoran - Stasiun DAMRI Purworejo: 2.696 pelanggan
Puncak Arus Mudik dan Balik: Rekor Baru
Puncak arus mudik terjadi pada 27 Maret 2025 (H-4 Lebaran), dengan total penjualan mencapai 16.943 tiket. Hal ini mencatatkan lonjakan signifikan karena banyaknya masyarakat yang memanfaatkan waktu untuk pulang ke kampung halaman sebelum Lebaran.
Sementara itu, puncak arus balik tercatat pada 6 April 2025 (H+6 Lebaran), dengan total penjualan mencapai 11.844 tiket, menjadi hari tersibuk selama periode arus balik.
Keberhasilan DAMRI di tahun ini tidak lepas dari upaya manajemen dalam meningkatkan kapasitas layanan dan memastikan kenyamanan pelanggan selama periode padat ini. "DAMRI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, terutama dalam momen penting seperti mudik Lebaran," tutup Atikah.
DAMRI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat atas kepercayaan yang diberikan dalam menggunakan layanan kami selama periode mudik dan balik Lebaran 2025. Dengan total penjualan 216.847 tiket, DAMRI merasa bangga telah menjadi bagian dari momen penting perjalanan masyarakat bersama keluarga tercinta.