Image-Description
Momentum Hari Angkutan Nasional, Kenali Perjalanan DAMRI dar...

Jakarta, 24 April 2024 - Hari Angkutan Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 April menjadi momentum untuk menyadarkan masyarakat akan keberadaan dan pentingnya angkutan umum baik di darat, laut, maupun udara. Catatan sejarah angkutan nasional tidak terlepas dari didirikannya Jawa Unyu Zidousha dan Zidousha Sokyoku pada 1943 di Indonesia saat masa penjajahan Belanda yang sekarang dikenal sebagai Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia (DAMRI). Untuk menyemarakkan momentum Hari Angkutan Nasional, DAMRI ingin mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti kisah perjalanan DAMRI dari Cikar hingga Bus Listrik.

Mungkin banyak masyarakat yang belum tahu bahwa sejarah DAMRI dimulai dari Cikar, yaitu angkutan gerobak yang ditenagai oleh 2 (dua) ekor sapi. Cikar beroperasi ketika DAMRI masih bernama Jawa Unyu Zidousha sebagai angkutan barang dan Zidousha Sokyoku sebagai angkutan penumpang.

Setelah Indonesia merdeka dari penjajahan Jepang di tahun 1945, Jawa Unyu Zidousha berubah menjadi Djawatan Pengangkoetan, sedangkan Zidousha Sokyoku berubah menjadi Djawatan Angkoetan Darat di bawah manajemen Departemen Perhubungan Republik Indonesia. Mulai dari sini DAMRI mulai menggunakan angkutan bermotor sebagai armadanya. 1 (satu) tahun setelahnya, kedua entitas tersebut digabung menjadi yang hingga kini dikenal sebagai DAMRI.

Perjalanan DAMRI menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dimulai pada 1961 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 233 Tahun 1961 di mana DAMRI ditetapkan sebagai Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara (BPUN). Kemudian, DAMRI ditetapkan sebagai Perusahaan Umum (Perum) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2002.

Selama perjalanannya, DAMRI terus berkembang dengan menambah armada-armada baru dengan livery pada bodi bus yang beragam.

Pada 2019, DAMRI bertransformasi didukung dengan armada baru berteknologi tinggi, layanan fokus pada pelanggan, dan inovasi bisnis. Logo DAMRI pun mengalami rebranding sebagai wujud komitmen semangat baru dalam melayani pelanggan DAMRI dengan lebih baik.

DAMRI juga mendukung perhelatan event-event besar, seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 2022. Selain itu, DAMRI ikut berpartisipasi pada International Women’s Day tahun 2023 dengan meluncurkan bus khusus perempuan. Hal ini menunjukkan komitmen DAMRI yang luas untuk mendukung peran pemerintah dan ajang internasional serta isu-isu sosial di masyarakat.

Sebagai wujud komitmen DAMRI dalam mendukung sustainability, DAMRI mengoperasikan Bus Listrik untuk layanan di koridor Transjakarta yang diluncurkan pada 2023. Bus Listrik tersebut beroperasi di beberapa rute Transjakarta termasuk NBRT 4C Pemuda Merdeka - Bundaran Senayan.

Di akhir tahun 2023, DAMRI mengembangkan inovasi baru melalui armada Double Decker Sleeper yang diberi nama Imperial Suites. Dilengkapi dengan 6 kabin Sleeper dan 30 kursi Royal, Imperial Suites adalah manifestasi komitmen DAMRI untuk selalu menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan DAMRI dan untuk tetap mempertahankan posisinya di pasar angkutan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Saat ini, Imperial Suites beroperasi pada rute Jakarta-Surabaya-Malang PP.

Komitmen DAMRI tetap sama sejak dulu kala, yaitu menyediakan jasa layanan transportasi darat yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada momentum Hari Angkutan Nasional ini, DAMRI ingin mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan angkutan umum sebagai sarana mobilitas sehari-hari. DAMRI juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mempercayakan DAMRI sebagai pilihan moda angkutan umum.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan DAMRI, pelanggan dapat menghubungi WhatsApp Business di nomor telepon 0811 2110 0825, e-mail cs@damri.co.id, Call Center Halo DAMRI 1500825, atau melalui media sosial DAMRI pada akun Instagram, Twitter, dan Facebook @Damriindonesia.