Libur Natal dan Sambut Nataru 2024, Penumpang DAMRI Naik 62...
Jakarta, 29 Desember 2023 – DAMRI mencatat volume penumpang pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun 2022 lalu. Sejak masa pembukaan Nataru 19 Desember 2023 s.d 26 Desember 2023, terdapat sebanyak 805.110 penumpang yang dilayani DAMRI untuk seluruh rute perjalanan. Terdapat peningkatan 62,4% dibanding periode yang sama tahun 2022 sebanyak 302.948 penumpang.
Chrystian R.M Pohan Corporate Secretary DAMRI menuturkan bahwa peningkatan volume penumpang pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 salah satunya dipengaruhi oleh semakin membaiknya kondisi pandemi yang mengakibatkan normalnya mobilitas masyarakat menggunakan transportasi publik serta dampak positif dari penggabungan PPD ke dalam DAMRI. Selain itu, hal tersebut lantaran DAMRI terus melakukan perbaikan layanan seperti peremajaan armada bus pada awal Desember 2023.
Pada periode libur Nataru 2024 ini, puncak arus mudik terjadi pada 22 Desember 2023 sebanyak 112.097 penumpang, dengan okupansi tempat duduk yang disediakan sebanyak 142.945. Adapun puncak arus balik periode Nataru 2024 terjadi pada 01 Januari 2024 sebanyak 1.014 tiket secara online telah terjual (Cabang Jakarta, Lampung, Pontianak, Yogyakarta, Purwokerto dan Wonosobo).
Rute favorit pelanggan perjalanan jarak jauh pada periode Nataru 2024 yaitu Jakarta menuju Surabaya, Malang, Tanjung Karang, Rajabasa, Metro, Purwokerto, Wonosobo, dan Yogyakarta. Kemudian Bandung – Metro, Pontianak menuju Sintang, Pangkalan Bun, serta Angkutan Antar Negara Pontianak - Kuching dan Singkawang - Kuching.
Sementara untuk periode 19 hingga 2 Januari 2024, DAMRI mencatat terdapat 40.046 tiket telah terjual dari total tiket yang disediakan sebanyak 53.627 tempat duduk. Tiket tersebut di antaranya adalah untuk rute Transjawa, yaitu Jakarta menuju Yogyakarta, Surabaya, Malang. Kemudian Kemayoran menuju Wonosobo, rute dari dan menuju Lampung, Pontianak, Purwokerto, dan Cilacap.
“Masa angkutan Nataru 2024, DAMRI menyiapkan sebanyak 1.324 armada bus yang telah melalui serangkaian inspeksi keselamatan/rampcheck yang dioperasikan untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan pelanggan selama perjalanan. DAMRI berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Nataru,” tambah Pohan.
DAMRI mengimbau kepada masyarakat yang ingin bepergian agar dapat memesan tiket perjalanan secara online melalui aplikasi DAMRI Apps, agar tidak terjadi antri di loket yang menyebabkan tertinggalnya perjalanan bus.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan DAMRI pada liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, dapat diperoleh dengan menghubungi Call Center Halo DAMRI 1500 825, email cs@damri.co.id, atau media sosial @DamriIndonesia dan @KitaDamri.