DAMRI Bandung Gratiskan Pelajar Naik Buskota Setiap Senin & Kamis

Buskota menjadi layanan terbesar Perum DAMRI Cabang Bandung. Pelayanan itu bahkan diwarnai bebas tarif bagi puluhan ribu pelajar. Pada tahun 2013 saja, General Manager Perum DAMRI Bandung, Drs. Sadiyo, MM, mengungkapkan sebanyak 755.636 penumpang dilayani oleh ratusan buskota DAMRI.

Bus tersebut tercatat menempuh perjalanan 388.096 kilometer dengan 21.933 rit.Kepada beritatrans.com, Sabtu (10/5/2014), dia mengemukakan untuk tahun ini jumlah penumpang, jarak tempuh dan ritasi buskota akan lebih besar lagi. Selain adanya penambahan armada, juga berkat program pelayanan gratis bagi pelajar.

Setiap Senin dan Kamis, 140 buskota DAMRI melayani 20.000 penumpang pelajar dengan tanpa dipungut bayaran. Bus itu melayani 11 trayek yakni Cicaheum – Cibeureum, Ledeng – Leuwipanjang, Dipati Ukur – Leuwipanjang, Elang – Cibiru, Elang – Jatinangor, Dipati Ukur – Jatinangor, Kebon Kelapa – Tanjungsari, Leuwipanjang – Cicaheum, Cibiru – Kebon Kelapa – Ciburuy – Alun-Alun Bandung, dan Kota Baru Parahyangan (KBP) – Alun–Alun Bandung.

Tarif pelajar di rute tersebut Rp3.000 – 4.000. Program angkutan gratis bagi pelajar itu, Sadiyo mengungkapkan terselenggara berkat kerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung dan korporasi swasta.

“Sesuai instruksi Direksi dan Dewan Pengawas Perum DAMRI, kami meng-create dan mendesain pelayanan gratis itu dengan memanfaatkan dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan lain. Seperti untuk program pelajar gratis pada Senin, dibiayai CSR dari PT Agung Podomoro Land mulai 7 Januari 2014. Sedangkan pada Kamis, dibiayai CSR dari PT Bandung Artha Mas,” ungkap Sadiyo.

Sadiyo mengemukakan pelayanan gratis kepada pelajar tersebut bukan kali pertama digelar Perum DAMRI Cabang Bandung. Tahun sebelumnya yakni Oktober – Desember 2013, DAMRI bekerjasama dengan BMM Muamalat memberikan pelayanan yang sama. Selama 3 bulan pelaksanaan telah terangkut 114.224 penumpang pelajar, atau rata-rata setiap hari hari Senin pelaksanaan sebanyak 9.518 pelajar.