DAMRI Kian Serius Siapkan Bus Listrik

Posted by: Sesper | 21/05/2021 | Kategori: News | 189 kali dibaca | Rating: 123

DAMRI berkomitmen mendukung percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan di Indonesia. Salah satu upaya DAMRI adalah dengan melakukan konversi bus listrik. Hal tersebut sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

DAMRI telah melakukan berbagai persiapan untuk mendorong percepatan program KBLBB di Indonesia. Upaya tersebut adalah dengan melakukan konversi bus listrik yang dimulai dengan proses tahap awal berupa pelepasan body dan mesin bus untuk dilakukan pengkajian bersama mitra kerja sejak April 2021 di Pool DAMRI Cabang Bandara Soekarno-Hatta, Pupar, Jakarta Timur. Rencananya tahapan uji coba akan dijalankan pada Agustus 2021 mendatang.

Selain konversi bus, DAMRI juga melakukan kerjasama operasi bersama mitra kerja lainnya melalui program uji coba bus listrik. Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui karakteristik operasional dan kebutuhan kapasitas baterai.

DAMRI berkomitmen untuk turut serta berkontribusi mencapai target kendaraan listrik berbasis baterai yang mencapai 20% populasi kendaraan di Indonesia pada tahun 2025. DAMRI berharap program konversi bus listrik ini dapat menjadi percontohan di sejumlah kota besar di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali.

Kendaraan listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle bisa menjadi preferensi bagi Indonesia menjadi negara pengekspor kendaraan listrik. Indonesia telah memiliki Pelabuhan Patimban yang sangat terbuka bagi pengembangan industri kendaraan listrik karena memiliki car terminal yang memang diprioritaskan untuk aktivitas ekspor atau antarkota.

*akhir*

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Peluang Karir di DAMRI by: Sesper | 09 January 2020

Peluang Karir di DAMRI. by: Sesper | 14 January 2020


POST TERBARU

Selamat Hari Lahir Pancasila 2021 by: Sesper | 02 June 2021

Selamat Hari Raya Waisak 2565, 2021 by: Sesper | 26 May 2021